Sumur Tua Berumur 260 Tahun Di Kota Semarang

Sumur Tua Berumur 260 Tahun Di Kota Semarang

KULIAH AIR TANAH – AIR TANAH JAMAN BELANDA #3

SUMUR TUA BERUMUR 260 TAHUN DI KOTA SEMARANG”

Kawasan Kota Lama Semarang tak hanya menyimpan cerita epiknya dengan gedung-gedung tua bersejarah. Sebuah sumur tua yang dibuat Belanda juga menjadi saksi sejarah bermanfaatnya air tanah bagi warga Kota Semarang.

Sumur tua itu terletak di sebelah timur Taman Srigunting. Keberadaanya ditandai cor semen yang berbatas dengan pagar, tipikal sekali ya. ‘Kehadirannya’ sangat vital tatkala musim kemarau tiba.Meski terlihat kecil, berukuran sekitar satu meter pada mulut sumur, namun sumur itu tidak pernah surut airnya sedikit pun. Meski memasuki puncak musim kemarau seperti saat sekarang ini.

Padahal, setiap hari warga umum selalu mengambil air dari sumur tersebut. Baik untuk kebutuhan memasak, mandi, sampai dijual keliling. Bahkan tak jarang pula, truk-truk Dinas Pemadam Kebakaran Kota Semarang juga mengambil air dari sumur tua itu.

Legenda sumur tua itu memiliki riwayat perjalanan yang bersejarah.Terutama korelasinya dengan penanggulangan penyakit yang mewabah di Semarang pada saat Belanda membangun Europees Dorp (perkampungan Eropa) di Kota Lama Semarang.

Inilah bukti bahwa air tanah dalam sumur (tua) ini, menjadi urat nadi kehidupan warga sekitar dalam memanfaatkannya. Ayo semua menjaga air tanah kita, agar berlanjut sampai anak cucu kita, seperti sumur ini yang berumur 260 tahun an loh sobat

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>