Pipa Casing Sumur 

Gambar pipa casing sumur

Kuliah Air Tanah #83 

“Pipa Casing Sumur” 

#SoBAT jumpa lagi dengan Kuliah Air Tanah. Kali ini kita bahas mengenai pemilihan pipa untuk casing sumur. Stay Tuned yuk. 

➢ Ketika memilih jenis pipa untuk selubung sumur, perlu untuk mempertimbangkan tegangan yang akan dialami pipa selama pemasangan dan korosif air yang bersentuhan dengannya. 

➢ Pipa besi tuang atau pipa tembaga tidak dapat dipasang dengan driving, seperti pada cable-tool method. Bahan tahan korosi seperti ini hanya dapat digunakan jika dapat dipasang pada lubang bor. 

➢ Pipa lembaran logam galvanis tidak dianggap cocok untuk casing sumur karena sangat tipis dan sambungan tidak kedap air. Departemen Kesehatan di Oklahoma merekomendasikan bahwa ketika digunakan pipa jenis ini harus terselimuti beton setebal 6 inci. 

➢ Kedalaman yang memadai dari selubung sumur merupakan faktor penting dalam perlindungan sanitasi. Ini memberikan perlindungan vertikal untuk menambah jarak horizontal pemisahan antara lokasi sumur dan kemungkinan sumber polusi 

BAT keep moving forward 💪💪💪 

Sumber : 

Groundwater and Wells (1972) 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>