Well Logging

Well Logging

KULIAH AIR TANAH – SERI PERALATAN AIR TANAH #2

WELL LOGGING

Selamat siang Sobat,

Well Logging / Pencatatan Sumur biasa dilakukan setelah pengeboran yang juga dikenal sebagai borehole logging yaitu: cara untuk mendapatkan rekaman log yang detail mengenai formasi geologi.

Alat ini menggunakan alat ukur yang dimasukkan kedalam lubang sumur atau lubang bor untuk evaluasi formasi dan identifikasi ciri-ciri batuan di bawah permukaan (Schlumberger, 1958).

Log dapat berupa pengamatan visual sampel yang diambil dari lubang bor, atau dalam pengukuran fisika yang diperoleh dari respon piranti instrumen yang dipasang didalam sumur (geophysical log).

Well logging dapat digunakan dalam mendapatkan informasi litologi, pengukuran porositas, pengukuran resistivitas, dan kejenuhan hidrokarbon.

Tujuan utama dari penggunaan log ini adalah untuk menentukan zona, dan memperkirakan posisi air tanah dalam akuifer yang kemudian menjadi rekomendasi posisi screen dalam sumur bor air tanah.

Seruuu kaan sobat … ☺️

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>