Schlumberger Bersaudara Sang Penemu Konfigurasi Geolistrik

schlumberger-bersaudara-sang-penemu-konfigurasi-geolistrik

SERI #3 KULIAH AIR TANAH

Penemu Konfigurasi Geolistrik, yang juga Sukses sebagai Enterpreneur:

Conrad Schlumberger (1878 – 1936) dan adiknya Henry Marcel Schlumberger (1884-1953)

Conrad Schlumberger (2 Oktober 1878 di Alsace – 9 Mei 1936 di Stockholm), merupakan seorang scientist dan juga sukses dalam mengembangkan usaha berbasis teknologi, bersama saudara kandungnya Emile Henry Marcel Schlumberger (21 Juni 1884 di Guebwiller – 9 Mei 1953 di Val-Richer). Karena suksesnya mereka sangat terkenal adalah Schlumberger bersaudara sebagai founder Schlumberger Well Services yang sangat terkenal di dunia dan bergerak dalam bidang geofisika terapan dan well logging.

Conrad dan Marcel Schlumberger adalah dua dari enam anak dari ayah Paul dan ibu Marguerite De Witt yang merupakan keturunan dari keluarga penenun kapas cukup kaya raya. Orang tua mereka menyekolahkan baik Conrad maupun Marcel di sekolah teknik terbaik di Prancis; Conrad lulus dari École Polytechnique pada tahun 1900, sedangkan Marcel lulus dari École Centrale Paris pada tahun 1907.

Hasil study Conrad Schlumberger (1878 – 1936), seorang yang ilmuwan yang serba bisa (geologist, physicist, mining engineer). Conrad Schlumberger dikenal sebagai peletak dasar baru dalam menggunakan aspek kelistrikan untuk menyelidiki kondisi geologi bawah permukaan. Conrad menggunakan “aspect dynamic” dari arus listrik yang diinjeksikan ke dalam bumi, serta mengamati akibat terhadap sifat kelistrikan batuan sekelilingnya. Conrad juga sudah memperkirakan akibat pergerakan medan listrik terhadap media yang homogen dan media yang non homogen. Selanjutnya, juga dikembangan konfigurasi elektroda yang sangat terkenal sampai sekarang, yaitu konfigurasi Schlumberger. Dan inilah sebuah “milestone” yang luar biasa dalam ilmu geolistrik.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>