Air Tanah Rentan Terhadap Eksploitasi Dan Pencemaran

Air Tanah Rentan Terhadap Eksploitasi Dan Pencemaran

KULIAH AIR TANAH #14
“Air Tanah Rentan Terhadap Eksploitasi dan Pencemaran”

Sebenarnya, Indonesia mempunyai banyak Cekungan Air Tanah (CAT) yang kapasitasnya cukup baik. Meskipun demikian, air tanah yang digunakan dari akuifer, terutama dari akuifer terkekang dan semi terkekang cadangan air tanah bersifat terbatas, umurnya relatif tua, dari proses imbuhan menjadi tersimpan di akuifer berproses lama, tidak cepat recovery sehingga rentan mengalami penurunan.

Pengambilan air tanah yang berlebihan dapat menyebabkan penurunan air tanah, dan dampak turunannya seperti penurunan muka tanah (land subsidence), intrusi air laut dan pencemaran lainnya.

Saat ini, kebutuhan air baku semakin meningkat, sehingga air tanah sering digunakan, walaupun seharusnya hanya digunakan sebagai quick yield setelah air permukaan alternatif pertamanya. Situasi ini juga masih belum memadai sistem saluran air limbah berpotensi menyebabkan terjadinya rembesan mencemari air tanah.

Jadi air tanah kita rentan terhadap penurunan dan juga pencemaran. Ayo kita gunakan air tanah dengan bijak dan tertib aturan ya Sobat…

Sumber Gambar : PPT Bappenas, 2019
Sumber Tulisan : PPT Abdul Malik Sadat Idris, ST., M.Eng, Bappenas, 2019

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>