Air Tanah Dalam (Confined Aquifer)

air-tanah-dalam-atau-confined-aquifer

KULIAH AIR TANAH #10

AIR TANAH DALAM atau CONFINED AQUIFER

Halooo sobat BAT,

Kali ini kita akan bahas tentang “air tanah dalam” (deep well), yang sebenarnya secara scientiffic disebut air tanah akifer terkekang atau semi terkekang, namun masyarakat sering menyebutnya air tanah dalam. Air tanah dalam yaitu air tanah yang barada lapisan akuifer yang diatasnya berupa lapisan kedap air atau lapisan impermeabel, dan atau lapisan semi kedap air atau lapisan semi permeabel.

Disebut dalam, karena untuk cara pengambilannya dengan terlebih dahulu dilakukan pemboran dengan mesin bor atau drilled well dengan kedalaman pada umumnya diatas 80 m, dimana secara manual atau dug well tidak dapat mencapainya. Saat ini di Indonesia, dengan drilled well untuk air tanah bisa mencapai 300 m, namun pada umumnya sekitar 150 m – 200 m.

Ditinjau dari kuantitasnya, air tanah dalam ini relatif tidak dipengaruhi oleh musim atau curah hujan, sedangkan air tanah dangkal, unconfined aquifer, dipengaruhi musim. Secara kualitas, air tanah dalam sangat dipengaruhi oleh batuan yang dilalui, sehingga kandungan kimianya relatif lebih banyak, atau mengandung banyak zat mineral seperti besi (Fe), mangan (Mn), kalsium (Ca), dan CO2.

Sebagai sumber air baku, dengan drilled well, pengambilannya harus berijin ya, dan direncanakan dengan survey hidrogeologi yang benar.

Ikutin kuliah air tanah selanjutnya yaaa sobat

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>