Air Bawah Tanah di Karst

Air Bawah Tanah di Karst

KULIAH AIR TANAH #17

AIR BAWAH TANAH DI KARST

Air tanah di bawah permukaan karst dapat menimbulkan terjadinya gua-gua, sungai bawah tanah (beneath stream) dalam bentuk stalaktit dan stalagmit.

Untuk itu di bagian atas permukaan, terdapat hal-hal yang harus sangat diperhatikan terhadap ancaman yang diakibatkan kondisi air bawah permukaan tersebut, yaitu:

1. Pondasi bangunan atau infrastruktur yang terletak di atas gua-gua di daerah karst perlu penanganan dan penelitian khusus. Kondisi ini rentan menimbulkan bencana sebagai faktor kerugian apabila pondasi suatu bangunan berpijak di atas gua-gua yang mengalami keruntuhan karena tidak memiliki daya dukung yang cukup untuk pondasi.

2. Kimia air tanah sendiri sudah berubah menjadi kandungan unsur kalsium (Ca) yang tinggi pada air tanah sehingga tidak dapat memenuhi syarat lagi untuk diminum.

Namun begitu, air bawah tanah tersebut, sebagai sungai bawah tanah pada kawasan sebagai sumber air baku yang melimpah, dengan harus memperhatikan kandungan kimia yang bersifat karbonatan.

Sumber konten : Infrastruktur Air Tanah yang Berkelanjutan,2019

Sumber Gambar : google.com/search/

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>